RESUME ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI


ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI

A.    Memahami ISU SOSIAL DAN ETIKA YANG BERKAITAN DENGAN SISTEM
Etika (ethics) mengacu pada prinsip benar salah mengenai apa yang dilakukan seseoang individu sebagai makhluk moral yang bebas, yang digunakan  untuk membimbing perilakunya. Isu etika  menjadi begitu penting semenjak kemunculan internet dan perdagangan elektronik. Masalah etika lainnya yang ditekankan terkait dengan sistem informasi adalah membangun konsekuensi yang dapat diukur dalam sisitem informasi, menentukan standar untuk menjaga kualitas sistem yang melindungi keamanan individu dan masyarakat, serta mempertahankan nilai dan institusi yang dianggap penting bagi kualitas hidup didalam masyarakat yang informatis.
·         Model pemikiran tentang isu etika, sosial, politik


·         Lima dimensi moral di era informasi
1. Hak dan kewajiban informasi
2. Hak dan kewajiban terkait kepemilikan
3. Akuntabilitas dan pengendalian
4. Kualitas sistem
5. Kualitas hidup
B.     ETIKA DALAM MASYARAKAT INFORMASI
KONSEP DASAR :
1.      RESPONSIBILITY
Elemen yang menerima kemungkinan biaya yang akan timbul, tugas, dan kewajiban atas keputusan yang telah dibuat.
2.      AKUNTABILITAS
Fitur dari sistem dan institusi sosial: hal tersebut berarti ada mekanisme yang sesuai untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab mengambil tindakan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap keputusa tersebut.
3.      LIABILITAS
Merupakan perluasan konsep dari responsibility yang mengarah lebih jauh kebidang hukum. Proses hukum adalah fitur yang berhubungan dengan masyarakat yang berbadan hukum dan merupukan sebuah proses dimana hukum dipahami dan dimengerti.
C.     PRINSIP-PRINSIP ETIKA
1)      Perlakukan orang lain seperti apa yang anda harapkan orang lain perlakukan anda
2)      Jika sebuah tindakan tidak baik untuk dilakukan semua orang, tindakan itu tidak baik untuk    dilakukan oleh siapa pun juga
3)      Jika sebuah tindakan tidak dapat dilakukan berulang-ulang, tindakan ini tidak tepat untuk diambil.
4)      Ambil tindakan yang dapat mencapai sebuah nilai yang lebih besar atau luhur
5)      Ambil tindakan yang menghasilkan potensi bahaya atau biaya yang paling sedikit
6)      Asumsikan bahwa sebenarnya semua objek nyata dan tidak nyata dimiliki oleh seseorang kecuali jika ada pernyataan khusus yang lain.
D.    DIMENSI MORAL DALAM SISTEM INFORMASI
Ø  HAK INFORMASI : PRIVASI DAN KEBEBASAN DI ERA INTERNET
a)      Instruksi eropa mengenai perlindungan data
b)      Tantangan internet terhadap privasi
c)      Solusi teknis
Ø  HAK KEKAYAAN : KEKAYAAN INTELEKTUAL
Kekayaan Intelektual (Intellectual Property) dianggap sebagai harta tak berwujud yang diciptakan oleh seseorang ataupun organisasi.
1.      Rahasia Dagang
                       informasi yang tidak diketahui oleh umum di bidang teknologi dan/ atau bisnis dimana mempunyai nilai ekonomis karena berguna dalam kegiatan usaha, dan dijaga kerahasiaannya oleh pemilik rahasia dagang.
2.      Hak Cipta
          Hak cipta adalah pengakuan oleh undang-undang yang melindungi pencipta kekayaan intelektual dari penggandaan hasil karyanya oleh pihak lain.
3.      Paten
                       Paten memberikan hak monopoli eksklusif kepada pemilik gagasan yang melatar belakangi suatu penemuan.
Ø  SESI INTERAKTIF : TEKNOLOGI
1.      Akuntabilitas, Liabilitas, dan Pengendalian
Bersamaan dengan undang-undang kekayaan dan privasi, teknologi, informasi baru memberikan tantangan bagi libilitas hukum dan praktik sosial yang sudah ada dalam melindungi institusi dan masyarakat.
2.      Masalah Liabilitas yang Berkaitan dengan Komputer
Perangkat lunak sangat berbeda dengan buku, penggunanaan perangkat lunak mungkin memiliki ekspetasi tentang sebuah perangkat lunak yang sempurna tanpa cacat dan penilaian perangkat lunak umumnya berdasarkan kemampuanya melaksanakan tugas.
Peran perangkat lunak yang begitu sentral, memberikan kesempatan yang baik untuk memperluas undang-undang libilitas guna menjangkau perangkat lunak, meskipun perangkat lunak tersebut hanya menyediakan layanan informasi. 
Ø  Kualitas Sistem: Kualitas Data dan Kesalahan Sistem
3 Sumber pokok dari kinerja sistem yang bobrok:
1)      Celah/kelemahan dan kesalahan pada sistem
2)      Kegagalan perangkat keras ataupun fasilitas lainnya yang disebabkan oleh alam ataupun penyebab lainnya
3)      Kualitas input data yang buruk
Ø  Kualitas Hidup: Keadilan, Akses, dan Batasan
Beban sosial negatif dalam memperkenalkan teknologi dan sistem informasi ters meningkat seiring pertumbuhan kekuatan teknologi. Banyak dari konsekuensi negatif di bidang sosial ini datang bukan dari pelanggaran terhadap hak individu ataupun pelanggaran kekayaan saja. Namun, konsekuensi negatif ini dapat sangat merugikan individu, masyarakat, dan institusi politik sekalipun .
Ø  SESI INTERAKTIF: ORGANISASI
Pemborosan Waktu: Kesenjangan Digital Baru
Pada masa awal komputer pribadi dan internet, beberapa anlis teknologi dan sosiolog mengkhawatirkan tentang ‘’kesenjangan digital’’, dimana orang yang lebih kaya dan berpendidikan jauh lebih diuntungkan dengan kehadiran teknologi baru, ketimbang masyarakat dari kelompok yang kurang beruntung.
Tapi perkembangan teknologi sekarang telah memungkinkan semua kelompok masyarakat dapat menggunakan komputer dan internet setiap hari dengan jangka waktu yang lama. Sehingga perhatian ‘’kesenjangan digital’’ sekarang telah bergeser- bimbingan orang tua dan pengawasan dalam penggunaan teknologi lebih penting, ketimbang akses kepada teknologi itu sendiri.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL MILEA – SUARA DARI DILAN

RESUME E-COMMERCE: PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL