RESUME E-COMMERCE: PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL


E-COMMERCE: PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL
    A.      E-commerce saat ini:
1.       Penggunaan Internet dan Web untuk transaksi bisnis, digital memungkinkan terjadinya transaksi
2.       Dimulai pada tahun 1995 dan tumbuh secara eksponensial, masih tumbuh bahkan dalam resesi
3.       Perusahaan yang selamat dari Gelembung dotcom (dot-com bubble) meledak dan sekarang berkembang
4.       Revolusi E-commerce masih dalam tahap awal
    B.      8 fitur unik e-commerce
    1.    Ubiquity
   Teknologi internet / web yang tersedia di manamana: kerja, rumah, dll, kapan saja.
             • Effect:
1)      Marketplace dihapus dari temporal, lokasi geografis untuk menjadi "marketspace”
2)      Kenyamanan pelanggan ditingkatkan dan biaya belanja dikurangi
    2.   Jangkauan global
  Teknologi ini mencapai melintasi batas-batas nasional, mengelilingi bumi
• Effect:
1)      Commerce diaktifkan melintasi batas-batas budaya dan nasional mulus dan tanpa modifikasi
2)      Marketspace meliputi, berpotensi, miliaran konsumen dan jutaan bisnis di seluruh dunia
    3.     Universal standards
          Satu set standar teknologi: standar Internet
• Effect:
1)      Sistem komputer yang berbeda dengan mudah berkomunikasi satu sama lain
2)      Masuk pasar lebih rendah biaya-biaya pedagang harus membayar untuk membawa barang ke pasar
3)      Konsumen yang lebih rendah 'pencarian biaya-usaha yang diperlukan untuk menemukan produk yang cocok
    4.      Kesempurnaan
    Mendukung video, audio, dan pesan teks
• Effect:
1)      Kemungkinan untuk menyampaikan pesan yang kaya dengan teks, audio, dan video secara bersamaan ke banyak orang
2)      Video, audio, dan pemasaran pesan teks dapat diintegrasikan ke dalam pesan pemasaran tunggal dan pengalaman konsumen  
    5.      Interactivity
          Teknologi ini bekerja melalui interaksi dengan pengguna
• Effect:
1)      Konsumen terlibat dalam dialog yang dinamis menyesuaikan pengalaman untuk individu
2)      Konsumen menjadi Peserta dalam proses pengiriman barang ke pasar
    6.      Kepadatan Information density
          Peningkatan besar informasi kepadatan-jumlah dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar
• Effect:
1)      Transparansi harga yang lebih besar
2)      Transparansi biaya yang lebih besar
3)      Memungkinkan pedagang untuk terlibat dalam diskriminasi harga
    7.      Personalization/Customization
         Teknologi memungkinkan modifikasi pesan, barang
• Effect
1)      ersonalized pesan dapat dikirim kepada individu maupun kelompok
2)      Produk dan jasa dapat disesuaikan dengan preferensi individu
    8.      Social technology
          Teknologi ini mempromosikan pengguna generasi konten dan jaringan sosial
• Effect
1)      Internet model sosial dan bisnis baru memungkinkan pembuatan konten pengguna dan distribusi, dan dukungan jaringan social

    C.     Konsep-konsep utama dalam e-commerce
1.       Pasar digital mengurangi
1)      asimetri informasi
2)      biaya pencarian
3)      biaya transaksi
4)      biaya menu
2.       Digital markets enable
1)      Price discrimination (Diskriminasi harga)
2)      Dynamic pricing (Harga dinamis)
3)      Disintermediation (Disintermediasi)
    D.     Types of e-commerce (Jenis-jenis e-commerce)
1.       Bisnis-ke-konsumen (Business-to-consumer)
2.       Bisnis-ke-bisnis (Business-to-business)
3.       Konsumen-ke-konsumen (Consumer-to-consumer)
4.       Perdagangan seluler (Mobile commerce)
    E.      E-commerce business models (model bisnis E-commerce)
1.       Portal
2.       E-tailer
3.       Content Provider (Penyedia Konten)
4.       Transaction Broker (Pialang Transaksi)
5.       Market Creator (Pencipta Pasar)
6.       Service Provider (Penyedia Layanan)
7.       Community Provider (Penyedia Komunitas)
    F.      E-commerce revenue models (model pendapatan E-commerce)
1.       Advertising (Iklan)
2.       Sales (Penjualan)
3.       Subscription (Berlangganan)
4.       Free/Freemium (Gratis / Freemium)
5.       Transaction Fee (Biaya Transaksi)
6.       Affiliate (Afiliasi)    
    G.    E-commerce marketing (Pemasaran e-commerce)
1.       Internet menyediakan cara baru bagi pemasar mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan pelanggan
2.       Pemasaran ekor panjang: Kemampuan untuk menjangkau yang besar audiens tidak mahal
3.       Penargetan perilaku: Melacak perilaku online individu di ribuan situs Web
4.       Format iklan termasuk mesin pencari pemasaran, iklan bergambar, media kaya, dan email
    H.     Business-to-business e-commerce (E-commerce bisnis-ke-bisnis)
1.       Pertukaran data elektronik
a)      Pertukaran standar komputer-ke-komputer transaksi seperti faktur, pesanan pembelian
b)      Industri besar memiliki standar EDI yang menentukan bidang struktur dan informasi elektronik dokumen untuk industri itu
c)       Semakin banyak perusahaan yang beralih dari privat jaringan ke Internet untuk menghubungkan ke perusahaan lain
·         E.g. Procurement: Bisnis sekarang dapat menggunakan Internet untuk mencari kebanyakan pemasok berbiaya rendah, cari katalog pemasok secara online produk, bernegosiasi dengan pemasok, memesan, dll.
I.   I.     Business-to-business e-commerce (E-commerce bisnis-ke-bisnis)
1.       Jaringan industri swasta (pertukaran pribadi)
a)      Perusahaan besar menggunakan ekstranet untuk menautkan ke pemasoknya, Distributor dan mitra bisnis utama lainnya
b)      Dimiliki oleh pembeli
c)       Izin berbagi:
1)Desain dan pengembangan produk
2)Pemasaran
3)Penjadwalan produksi dan manajemen persediaan
4)Komunikasi tidak terstruktur (gambar dan email)
2.       Pasar bersih (e-hubs)
a)      Pasar tunggal untuk banyak pembeli dan penjual
b)      Dimiliki oleh industri atau dimiliki oleh perantara independen
c)       Hasilkan pendapatan dari biaya transaksi, layanan lain
d)      Gunakan harga yang ditetapkan melalui negosiasi, lelang, RFQ, atau harga tetap
e)      Dapat fokus pada barang langsung atau tidak langsung
f)       Mungkin pasar vertikal atau horizontal
3.       Pertukaran
a)      Pasar pasar pihak ketiga yang dimiliki secara independen
b)      Menghubungkan ribuan pemasok dan pembeli untuk mendapatkan spot pembelian
c)       Biasanya menyediakan pasar vertikal untuk barang langsung industri tunggal (makanan, elektronik)
d)      Proliferasi selama tahun-tahun awal e-commerce; banyak telah gagal
1)Penawaran kompetitif mendorong harga turun dan tidak menawarkan hubungan jangka panjang dengan pembeli atau layanan untuk membuat penurunan harga berharga
    J.       M-commerce
1.    Meskipun m-commerce mewakili kecil fraksi total transaksi e-niaga, pendapatan terus tumbuh
a)      Layanan berbasis lokasi
b)      Layanan perbankan dan keuangan
c)       Iklan dan ritel nirkabel
d)      Game dan hiburan
    K.     Membentuk tim dengan keterampilan yang diperlukan untuk membuat keputusan tentang:
1)    Teknologi
2)    Desain situs
3)    Kebijakan sosial dan informasi
4)    Perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi infrastruktur
    L.      Tuntutan pelanggan harus mendorong situs teknologi dan desain
    M.    Business decisions drive the technology – not the reverse (Keputusan bisnis mendorong teknologi – bukan balik
1)    Tujuan bisnis
a)      Kemampuan yang harus dimiliki situs
b)      E.g. melakukan pembayaran transaksi
2)    Fungsi sistem
a)    Kemampuan teknologi untuk mencapai tujuan ini
b)      E.g. keranjang belanja atau sistem pembayaran lainnya
3)    Persyaratan informasi
a)      E.g. kliring kartu kredit yang aman, pembayaran berganda pilihan
    N.     Alternatif dalam membangun situs Web
1.     Sepenuhnya di rumah
2.    Tanggung jawab campuran
3.    Sepenuhnya outsourcing
a)      Lokasi bersama
    O.     Anggaran situs web
1.    Beberapa ribu hingga jutaan / tahun
2.    50% dari anggaran adalah pemeliharaan sistem dan pembuatan konten

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL MILEA – SUARA DARI DILAN

RESUME ISU SOSIAL DAN ETIKA DALAM SISTEM INFORMASI